AGENCY IKLAN RESMI 0822 9900 8066

Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Search in posts
Search in pages
Hubungi 021-54361493 atau
WhatsApp Marketing kami

Berbagai Jenis Iklan

Iklan pada setiap media berbeda-beda, sangat beragam, jadi dari pihak klien/ pemasang iklan bisa mempertimbangkan jenis iklan apa yang paling cocok dengan campaign yang akan dijalankannya.

Pilihan Jenis Iklan

Jenis Iklan Koran : kategori iklan pada koran terdiri dari : iklan display (iklan yang didominasi oleh gambar-gambar), iklan advertorial (iklan yang isinya lebih banyak tulisan), iklan kreatif, iklan kolom (tergantung luas atau besarnya iklan), iklan baris (iklan kecil yang bentuknya baris). Untuk ukuran iklan di koran juga bisa besar atau kecil, tergantung kebijakan yang berlaku pada masing-masing koran, ukuran bisa 1 halaman, 1/2 halaman. 1/4 halaman, 1/8 halaman, atau bahkan lebih kecil lagi. Dimana biasanya ada pilihan iklan Full Colour (FC = warna) atau Black & White (BW = hitam putih). Jenis iklan antaranya : iklan produk/ jasa, iklan pengumuman, iklan ucapan (duka cita atau selamat), iklan berita duka cita, iklan sosial, iklan laporan keuangan dan lain sebagainya.

Jenis Iklan Majalah : kategori iklan pada majalah terdiri dari : iklan display, iklan advertorial. Untuk pilihan ukuran biasanya lebih terbatas, rata-rata menyediakan ukuran Full Page, Half Page, 1/3 halaman, 1/4 halaman, bahkan ada majalah yang hanya menyediakan 1 ukuran iklan saja yakni ukuran 1 halaman, ini karena ada survey yang beranggapan bahwa jika ukuran suatu iklan kecil maka sulit dibaca / isinya lebih tidak gampang dicerna oleh orang yang melihat iklan terbit. Mayoritas majalah menyiapkan space iklan dalam bentuk warna (Full Colour = FC).

Jenis Iklan Radio : rata-rata iklan di radio memiliki durasi 60 detik (1 menit), baik iklan spot (iklan yang sudah direkam/ diproduksi jadi materi 60 detik dan diputarkan ketika jam iklan tiba), ataupun iklan adlibs (iklan yang dibacakan oleh para penyiar radio, jadi bisa saja penyampaiannya ada sedikit perbedaan karena improvisasi dari penyiarnya berbeda), atau iklan talkshow (iklan yang dikemas dalam bentuk program tanya jawab, ada penyiar, ada narasumber dan para pendengar bisa berinteraktif langsung via hotline yang disediakan). Ketiga jenis iklan iklan : spot, adlibs, dan talkshow yang paling banyak dan dipilih orang, tentunya juga ada beberapa jenis iklan lainnya, yang berbeda pada masing-masing radio.

Jenis Iklan TV : rata-rata iklan di televisi (TV) memiliki durasi 30 detik per spot (persekali tayang), bahkan juga ada iklan yang hanya 5 detik, 10 detik, 15 detik, ini karena biaya pemasangan iklan TV itu sangat mahal, bisa dibilang paling mahal dibanding semua jenis iklan lainnya, karena jangkauan TV lebih luas hampir ke seluruh Indonesia (untuk TV Nasional), ini juga yang membuat biayanya sangat tinggi. Ada juga iklan filler (iklan yang agak panjang bisa sekitar 2 menit – 10 menit) berbeda pada setiap stasiun TV. Juga ada iklan jenis interaktif semacam talkshow yang dibawakan bisa dalam bentuk live (langsung) maupun tapping (rekaman).

Jenis Iklan Internet : beriklan di internet alias dunia digital ini juga beragam, mulai dari iklan di Google Adwords, Youtube, Facebook, Twitter dan website, iklannya bisa berupa teks/ tulisan maupun gambar ataupun video. Setiap media digital ini memiliki keunggulan tersendiri karena pengunjungnya beda-beda dan sangat unik, jadi bagi pengiklan biasanya mengkalkulasi budget iklan yang mereka sediakan dan mencari media yang paling cocok dengan jenis campaign yang akan dijalankan.

Jenis Iklan Mobile : iklan di mobile alias handphone ini makin hari makin berkembang, mulai dari jenis iklan SMS, MMS (bisa gambar atau video). Untuk penerima iklan ini juga bisa ditargetkan yang lebih detail sesuai keinginan, misalnya menargetkan iklan untuk disebar pada orang-orang yang sedang berada di suatu mall atau lokasi, atau kota, atau juga berdasarkan target usia penerima, kebiasaan browsing calon penerima iklan dan sebagainya. Dengan semakin berkembangan teknologi dan kecepatan internet, membuat jumlah pemasang iklan di mobile ads ini bertambah drastis, karena zaman sekarang banyak orang yang bahkan lebih banyak menggunakan internet via smart phone dibanding komputer atau laptop mereka.

Anda Bisa Pilih
0 0 vote
Article Rating