AGENCY IKLAN RESMI 0822 9900 8066

Apa yang dimaksud dengan iklan berita duka?

Iklan berita duka adalah iklan tentang berita kedukaan dari pihak-pihak yang sedang berduka (bisa dari pihak internal keluarga yang bersangkutan, atau bisa juga dari teman atau saudara atau relasi dari keluarga yang sedang berduka). Yang mana ini iklan ini antara lain mencantumkan nama almarhum/ alharhumah yang berpulang. Dan juga menyertakan informasi tentang keluarganya. Iklan berita dukacita juga dikenal dengan sebutan iklan obituari. Untuk yang butuh pasang iklan jenis berita dukacita, bisa menghubungi biro iklan resmi Doremindo Agency (DO’A)

Proses pemasangan iklan berita duka

Untuk iklan berita dukacita, terkadang dari pihak rumah duka yang membantu proses pemasangan iklannya, tetapi mengenai ukuran iklan tentunya tergantung dari pihak keluarga yang bersangkutan, karena besar kecilnya ukuran iklan dukacita biaya iklannya berbeda-beda. Biasanya pihak rumah duka akan menanyakan kepada pihak keluarga yang sedang berduka di rumah duka tersebut, apakah ingin memasang iklan berita duka di media massa atau tidak. 

Data yang dibutuhkan untuk pasang iklan berita dukacita

Setelah disepakati ukuran iklan dan harga iklannya, pihak keluarga yang ingin pasang iklan berita dukacita perlu menyiapkan data alharmum / almarhumah, meliputi data : foto, tempat dan tanggal lahir, tempat dan tanggal berpulang, usia saat berpulang, serta data keluarga seperti orang tua, suami/ istri, anak-anak, menantu, cucu, cicit, dan lain-lain, informasi bahwa almarhum/ almarhumah rencananya akan disemayamkan atau diabukan dimana dan kapan. Yang mana disesuaikan keinginan dan kebutuhan dari pihak pemasang iklan berita dukacita. Karena tidak semua orang, punya pertimbangan tersendiri ingin mencantumkan data apa saja.

Ukuran iklan untuk pemasangan iklan berita dukacita

Iklan obituari atau iklan berita dukacita lebih sering dijumpai di media cetak, yakni koran. Meskipun di media lain juga terkadang bisa dijumpai adanya iklan berita dukacita, namun, lebih banyak dan lebih sering orang memilih pasang iklan di media koran karena dinilai lebih kredibel dan punya makna khusus. Ketika iklan sudah tayang di media cetak, biasanya iklan tersebut dicetak dalam ukuran tertentu dan ditempel di lokasi rumah duka untuk mempermudah pengunjung mengetahuinya. 

Mengenai ukuran iklan ada beragam pilihannya, tergantung dari budget iklan yang tersedia dari pihak pemasang iklan. Untuk yang punya budget iklan besar, bisa memilih ukuran 1 (satu) halaman, 1/2 (setengah halaman), atau 1/4 (seperempat) halaman, bahwa juga bisa order iklan ukuran spreadpages, yakni ukuran 2 halaman gandeng sehingga bisa memuat data cukup banyak dan ukuran yang tampil bisa lebih luas. Tetapi ada juga pihak pemasang iklan yang hanya perlu iklan ukuran kecil saja, misal sekitar ukuran 1 kartu nama (kisaran ukuran 2 kol x 50 mmk, untuk perhitungan ukuran di koran) atau ukuran-ukuran iklan custom lainnya disesuaikan kebutuhan dan budget iklan pemasang iklan.

Iklan berita dukacita biasa dipasang di media mana?

Ada banyak pilihan koran untuk pasang iklan jenis berita dukacita, seperti di Koran Kompas, Koran Jawapos, Koran Tempo, Koran Media Indonesia, Koran Tempo, Koran Suara Pembaruan, Koran Suara Merdeka, Koran Tribun Pontianak, Koran Pontianak Post, Koran Fajar Makasar, Koran Tribun Timur, Koran Analisa Medan, dan koran berbahasa Mandarin seperti Koran Harian Indonesia, Koran Shangbao, Koran Guojiribao, Koran Inhua Mandarin, Koran Xunbao, Koran Qiandaoribao dan lain-lainnya. Jika Anda butuh informasi tentang pasang iklan berita dukacita atau obituari, silakan konsultasi dengan agen iklan resmi Doremindo Agency (DO’A) di nomor telepon 021-5436 1493, atau email: marketing@doremindo.com 

Apakah iklan berita dukacita ini bersifat wajib ?

Tidak, iklan jenis berita dukacita ini TIDAK WAJIB, artinya ada yang merasa perlu dan ingin memasang jenis iklan ini, ada juga yang merasa tidak perlu. Kalangan masyarakat tertentu yang punya budaya atau kebutuhan untuk pasang iklan jenis iklan saja yang biasanya mempertimbangkan memasang iklan jenis ini. Dan, tidak semua masyarakat dari kalangan yang memiliki budaya tersebut semua memasang iklan jenis ini, karena semua murni tergantung dari kebutuhan dan kebijakan masing-masing pihak keluarga yang sedang berduka.


5 1 vote
Article Rating