AGENCY IKLAN RESMI 0822 9900 8066

Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Search in posts
Search in pages
Hubungi 021-54361493 atau
WhatsApp Marketing kami
Benefit / Manfaat menggunakan jasa agensi iklan

Manfaatkan Agensi Iklan untuk Pasang Iklan Lebih Efisien

Proses pasang iklan perusahaan Anda akan lebih cepat tanpa repot mengurus banyak hal apabila menggunakan agensi iklan. Sudahkah Anda mencobanya?

Sebelum era digital berkembang pesat seperti sekarang, pasang iklan koran adalah salah satu cara promosi paling efektif. Bahkan tidak sedikit pembaca yang membeli koran hanya untuk melihat apa yang baru di kolom iklan. Iklan yang terpasang biasanya terkait lowongan kerja, promosi bisnis, jual beli barang bekas, dan lain-lain.

Media-media cetak seperti majalah dan tabloid pun dulu dianggap sebagai tempat beriklan yang strategis. Namun, gempuran media digital tak dapat dimungkiri telah mengubah prioritas dalam memasang iklan. Kendati demikian, kebiasaan memasang iklan di media-media cetak sejauh ini masih belum pudar.

Perbedaan harga iklan di majalah atau koran dengan media digital biasanya menjadi pertimbangan utama. Tidak sedikit pula yang menganggap bahwa memasang iklan online saat ini jauh lebih mudah dan murah. Namun jangan khawatir, karena Doremindo Agency hadir untuk membantu pemasangan iklan Anda di media apapun.

Mengapa Harus Memasang Iklan?

Ketika sebuah perusahaan memutuskan untuk membuat iklan, tentu ada tujuan-tujuan tertentu yang ingin dicapai. Walaupun semua iklan pasti memiliki tujuan akhir yang sama, yaitu menarik konsumen untuk membeli. Maka dari itu, sebelum memilih media beriklan sebaiknya ketahui dulu apa tujuan iklan Anda.

1. Memperkenalkan Merek atau Produk Baru

Ini sudah jadi hal yang lumrah bagi merek atau perusahaan baru. Sebab, sebaik apapun produk yang dijual, konsumen tidak akan tahu sampai ada iklan yang memberitahu itu kepada mereka. Dengan pasang iklan di koran misalnya, atau media digital, orang-orang akan lebih mengenal tentang produk yang Anda tawarkan.

2. Mendorong Konsumen untuk Membeli

Setelah konsumen tahu tentang suatu merek baru, belum tentu mereka mau mencobanya. Maka dibutuhkan iklan lainnya yang bersifat persuasif alias mendorong konsumen agar mau mencoba produk yang ditawarkan. Di sini biasanya dijelaskan apa faktor pembeda dari merek atau produk terkait.

3. Menyampaikan Cara Penggunaan

Terkadang cara penggunaan suatu produk juga perlu disampaikan di iklan. Dengan begitu, konsumen akan terdorong untuk membeli apabila mereka cocok dengan cara penggunaannya. Misalnya iklan ponsel dengan fitur kamera terbaru, pasti tidak setiap calon pembeli tahu bagaimana cara memakainya.

4. Meningkatkan Citra Merek atau Produk

Membangun citra untuk merek atau produk wajib dilakukan supaya konsumen percaya. Apabila memiliki citra yang bagus, sudah pasti akan berdampak pula pada penjualan dan perluasan pasar. Ini semakin memudahkan langkah selanjutnya yaitu membuat para pelanggan loyal terhadap sebuah merek atau produk.

5. Memelihara Loyalitas Konsumen

Alasan merek-merek besar tetap memasang iklan adalah guna memelihara loyalitas para konsumen. Hal ini adalah aset yang amat berharga bagi sebuah perusahaan dan menentukan posisi merek di pasar. Adanya iklan secara konsisten membuat konsumen selalu ingat tentang keberadaan suatu merek.

Baca juga : “Pasang Iklan di Media yang Tepat, Bisnis Makin Sukses”

Media-media Pemasangan Iklan

 

Tidak semua media iklan cocok dengan suatu merek atau perusahaan yang Anda kelola. Itu semua tergantung pada beberapa faktor, di antaranya:

  • target pasar yang ingin dijangkau dan alokasi besar kecilnya budget iklan
  • pemilihan media untuk menjangkau target dan konten iklan yang cocok
  • efektivitas kampanye iklan yang berbeda-beda,
  • masa tayang iklan panjang atau pendek, jumlahnya banyak atau sedikit, besar atau kecil ukuran iklan, dan lain-lain.

Anda bisa berkonsultasi dengan kami di Doremindo guna mendapatkan solusi jika Anda masih bingung tentang faktor-faktor yang disebutkan. Jadi, Anda akasn menemukan tempat paling strategis untuk beriklan dan menekan biayanya.

Bayangkan, sudah bertanya panjang lebar tentang banyak opsi media untuk pasang iklan, eh ternyata harganya jauh dari budget iklan yang disiapkan, tentunya akan habis banyak waktu dan tenaga. Tentu saja Anda juga tidak ingin beriklan di banyak media tetapi ternyata tidak membuahkan konversi maksimal. Ini tentunya akan lebih efektif apabila Anda mengenali media-media beriklan apa saja yang banyak digunakan dan cocok dengan bisnis Anda.

1. Iklan Online

Dalam beberapa tahun terakhir, layanan pasang iklan online menjadi pilihan paling laris di agensi periklanan. Pasalnya, di media ini Anda bisa memasang iklan dengan berbagai bentuk mulai dari banner, video, artikel, dan sebagainya. Jenis iklannya pun tidak terbatas sesuai tujuan iklan seperti yang dibahas tadi.

Untuk penempatannya sendiri bisa disesuaikan dengan target pasar Anda sebagai pemasang iklan. Iklan bisa muncul di portal berita online terkenal atau di media sosial populer yang sedang panas di kalangan remaja. Saat ini iklan online memang dianggap sangat efektif, tentunya tanpa mengesampingkan iklan konvensional.

2. Iklan TV

Anda pasti sering melihat iklan TV yang muncul di media online, begitu pula sebaliknya. Ini karena integrasi yang sudah semakin gencar dilakukan oleh perusahaan-perusahaan terkait. Tujuannya adalah untuk menjangkau pasar yang lebih luas dari penonton TV dan pengguna media online.

Tidak dapat dimungkiri bahwa di Indonesia, TV ternyata memberikan pengaruh sangat besar. Media ini masih belum tergeser meskipun media online terus naik seiring dengan semakin mudahnya akses internet. Jadi jangan heran kalau merek besar sekalipun selalu pasang iklan TV dalan jumlah spot penayangan yang banyak ssampai tahun-tahun mendatang.

3. Iklan Radio

Beralih dari visual ke media yang hanya bisa menyampaikan lewat suara, yaitu radio. Jangan salah, radio pun sebenarnya sudah mulai merambah ranah digital sehingga pendengarnya berasal dari semua kalangan. Pasalnya, banyak sekali saluran radio yang kini bisa didengarkan secara streaming di internet.

Iklan spot ataupun iklan adlibs dan talkshow di radio, diprediksi akan selalu ada dan tetap ada dalam jangka waktu yang lama. Untuk pemasangan iklan di radio, pastinya akan lebih mudah dan hemat waktu, jika Anda menggunakan jasa agen pasang iklan seperti Doremindo Agency (DO’A) yang resmi dan sudah pengalaman sejak tahun 2009. Sejak radio dapat didengarkan secara streaming, target pendengarnya pun semakin luas. Yang perlu Anda pikirkan saat ingin memasang iklan di radio adalah kapan waktu tayang paling efektif dan radio apa yang dipilih, agar sesuai target pendengar yang diinginkan.,

4. Iklan Majalah

Banyak majalah dan tabloid yang posisinya mulai tergusur oleh portal-portal hiburan online. Beberapa perusahaan bahkan tutup dan menghentikan produksi mereka karena tak mampu bersaing. Tetapi di beberapa majalah yang masih ada, Anda pasti sering menemui iklan-iklan terpasang di halaman tertentu.

Pertanyaannya, apakah pasang iklan majalah masih efektif untuk sebuah merek atau produk? Faktanya, beberapa majalah terkenal punya penggemar yang loyal sampai sekarang. Maka dari itu para pemasang iklan harus jeli memilih majalah yang tepat untuk mengiklankan sebuah merek atau produk.

Beberapa majalah juga mengkombinasikan edaran majalah fisik dengan menghadirkan e-magazine, yakni majalah digital yang bisa diakses via internet pada website atau aplikasi yang disediakan.

5. Iklan Koran

Hadir dalam bentuk fisik koran yang bisa dipegang dan nyaman dibaca saat ngopi pagi, serta terbit setiap hari adalah salah satu alasan mengapa orang-orang masih pasang iklan di koran. Apalagi sekarang ini beberapa koran nasional sudah mulai menawarkan versi berlangganan digital. Jadi, sebenarnya efektivitas pemasangan iklan di koran tidak bisa dikesampingkan begitu saja.

Rata-rata perusahaan besar memilih untuk pasang iklan di media koran Kompas, Media Indonesia, Republika, Bisnis Indonesia, Tempo, Sindo, Jawapos dan lain-lain, karena media-media ini sudah terkenal dan memiliki reputasi yang baik dari segi Brand maupun isi berita.

Sayangnya, masih banyak kesalahan yang dilakukan orang-orang saat memasang iklan di koran. Misalnya tulisan kurang menjual, adanya kesalahan penulisan nomor kontak dan website, sehingga pembaca tidak bisa menghubungi, atau tidak menawarkan benefit kepada konsumen. Hal-hal semacam itulah yang dapat kami bantu untuk pengecekan pada materi iklan, agar lebih minim kesalahan. 

Untuk perusahaan yang pasang iklan pengumuman bisa memilih untuk melakukan pemasangan iklan di koran, dibandingkan dengan media lainnya.

Perbandingan Iklan Digital dan Cetak

Dari berbagai jenis media iklan di atas, berdasarkan bentuknya iklan dikelompokkan menjadi dua kategori besar. Pertama adalah kelompok iklan digital dan kelompok iklan di media cetak.

Iklan digital disampaikan kepada konsumen melalui media digital dan online. Itu termasuk TV, radio dan iklan-iklan di internet dalam berbagai bentuk. Sementara iklan cetak terbatas pada media-media cetak seperti iklan di koran, majalah, tabloid, reklame, dan sebagainya.

Masing-masing memiliki kelebihannya, tetapi manakah yang kiranya paling efektif untuk Anda? Tabel perbandingan singkat di bawah ini mungkin dapat memberikan sedikit gambaran.

Iklan Digital

Iklan Cetak

●      Iklan hanya terlihat sebentar, namun biasanya bisa muncul berulang kali tergantung budget.

●      Bisa menggunakan gambar bergerak (video) dan audio.

●      Iklan dapat dibuat dengan durasi yang cukup panjang

●      Bisa lebih cepat proses penayangannya.

●      Target pasar sangat luas.

●      Bisa dilihat lama dan dibaca berulang-ulang oleh konsumen.

●      Menggunakan media visual dengan gambar dan teks.

●      Konsumen tidak dimanjakan audio.

●      Dibatasi tempat dengan ukuran tertentu.

●      Target pasar tidak terlalu luas, namun seringkali tepat sasaran.

●      Memiliki bukti fisik nyata.

Dari tabel di atas dapat dilihat bahwa iklan digital memang layak dicoba untuk semua jenis bisnis. Sementara bagi beberapa jenis bisnis mungkin juga lebih cocok dengan iklan cetak.

Namun dalam bentuk apapun itu, iklan pasti harus tempat yang tepat untuk menyasar targetnya. Baik iklan digital maupun cetak, tujuannya tetap sama yaitu memberikan informasi kepada konsumen.

Pertimbangan Memilih Media Beriklan

Setiap media punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tetapi setidaknya Anda harus tahu faktor penentunya. Ini akan tergantung pada beberapa hal terkait dengan merek atau produk yang ingin dipasarkan. Simak tiga faktor penting di bawah ini

1. Jenis Produk

Anda harus tahu dulu produk apa yang akan dipasarkan, apakah itu berbentuk barang atau jasa. Dari sini, perkirakan bagaimana cara memasarkannya dan arahkan ke tujuan yang benar. Tidak semua produk layak diiklankan di TV atau media cetak, begitu pula sebaliknya.

2. Target Pasar

Sedari tadi berkali-kali dibahas tentang target pasar yang berbeda-beda di setiap media iklan. Ini akan lebih mudah diketahui jika Anda telah memahami jenis produk yang ingin dipasarkan. Cara menentukan demografi target konsumen sangat beragam, biasanya tergantung kegunaan dan tujuan produk.

3. Bujet Iklan

Belakangan ini semakin banyak perusahaan yang memperbesar bujet iklan online. Pasalnya, iklan online dianggap lebih terjangkau dan menghasilkan konversi tingkat tinggi, meski tidak semua bisa dipukul rata. Sebaliknya, iklan konvensional melalui TV, radio, bahkan billboard umumnya menghabiskan bujet lebih tinggi.

4. Psikologi Calon Konsumen

Biasanya faktor ini menjadi bahan pertimbangan tambahan ketika Anda hendak memasang iklan online. Sebab pengguna internet dapat dikotak-kotakkan sesuai dengan kebiasaan mereka. Jadi para pengiklan internet wajib untuk memahami psikologi para calon konsumennya.

Menggunakan Agensi Iklan untuk Kemudahan Pasang Iklan

Baik memasang iklan di koran, majalah, radio, TV, atau media online sekalipun membutuhkan keahlian. Itulah alasan mengapa banyak perusahaan menggunakan jasa agensi iklan berpengalaman. Salah satu biro iklan berpengalaman yang sudah hadir di Indonesia sejak tahun 2009 adalah Doremindo Agency (DO’A) Berikut beberapa alasan mengapa lebih mudah memasang iklan lewat agensi periklanan.

1. Penargetan Lebih Akurat

Jasa pemasangan iklan dapat membantu Anda menentukan demografi untuk sebuah produk fisik atau jasa. Anda pun bisa mengetahui akan seberapa efektif iklan tersebut bekerja pada target yang disasar. Ini akan sulit dilakukan oleh orang yang belum berpengalaman di bidang pengiklanan atau pemasaran.

Pekerjaan di agensi iklan dilakukan oleh orang-orang dengan pemahaman mendalam tentang iklan. Wawasan dan keterampilannya dalam memasarkan produk pun pastinya sudah lebih teruji.

2. Biaya Pemasangan Jelas

Setiap media mematok biaya pemasangan iklan yang berbeda-beda. Perusahaan biasanya harus mengira-ngira berapa bujet yang bakal dihabiskan. Tetapi agensi iklan biasanya bisa memberikan informasi estimasi harga yang lebih jelas dan sesuai dengan bujet iklan yang Anda sediakan, dan ada banyak pilihan paket tertentu.

3. Proses Cepat

Doremindo Agency (DO’A) menawarkan layanan pemasangan iklan yang cepat dan hemat. Misal Anda membutuhkan jasa iklan TV, maka semua proses sampai iklan tayang di TV akan dibantu.

Pihak agensi tentu punya jaringan-jaringan tersendiri untuk bernegosiasi dan mempermudah proses tersebut. Kelebihan itulah yang biasanya membuat segala sesuatunya lebih cepat daripada harus mengurus sendiri.

4. Layanan Lainnya

Mungkin Anda memiliki perusahaan atau bisnis kecil dan belum terlalu paham tentang iklan. Itulah gunanya agensi iklan, di mana biasanya ada layanan-layanan tambahan untuk membantu klien. Misalnya seperti konsultasi, bantuan desain, alih bahasa iklan, dan lain-lain.

Baca juga : “Pasang Iklan sebagai Opsi Investasi bagi Pebisnis”

Beriklan Dimanapun Asalkan Tahu Caranya

Pada akhirnya, tujuan iklan adalah satu, memberitahu konsumen tentang suatu produk dan mendorongnya untuk membeli. Dalam hal ini ada berbagai macam bentuk iklan, cara beriklan dan media yang digunakan. Apapun itu, asalkan tahu cara dan strateginya, maka tujuan pasang iklan pasti dapat terwujud.

Anda sudah tahu apa-apa saja kelebihan dan kekurangannya masing-masing jenis iklan. Seperti yang telah disampaikan tadi, semua harus disesuaikan dengan jenis produknya.

Misalnya Anda ingin bisa berinteraksi langsung dengan konsumen, maka iklan digital di media online harus jadi prioritas. Banyak teknik yang bisa digunakan seperti menggunakan website atau media sosial. Sedangkan iklan melalui media cetak biasanya harus lebih tahan lama.

Jenis Iklan

Teks

Gambar

Suara

Video

Koran

v

v

Majalah

v

v

Radio

v

 

TV

v

v

v

v

Online

v

v

v

v

Sudahkah menemukan pilihan yang tepat untuk mengiklankan produk Anda? Jika sudah lakukan langkah-langkah berikut untuk segera menayangkan iklan di tempat yang diinginkan:

  • tentukan atau konsultasikan demografi target dengan agensi,
  • tentukan media promosi,
  • tentukan jenis iklan, ukuran, durasi, spot, dan lain-lain,
  • rencanakan tanggal penayangan iklan,
  • kirimkan materi iklan ke agensi,
  • selesaikan pembiayaan iklan.

Setelah ini Anda tidak perlu lagi bingung di mana dan bagaimana harus memasang iklan. Tidak perlu repot lagi menghubungi pihak media terkait untuk mengurus persyaratan ini dan itu. Apakah itu pasang iklan radio, TV, majalah, koran, atau online, semua bisa kami tangani dengan baik di Doremindo Agency (DO’A)

5 1 vote
Article Rating